Senin, 25 April 2016

Cara Melakukan Link Building dengan Aman untuk Google

Link building merupakan salah satu teknik SEO yang sudah ada sejak lama dan mungkin akan bertahan untuk jangka waktu yang lama pula kedepannya. Meski banyak yang mengatakan bahwa link building sudah mati, namun nyatanya mesin pencari sekelas Google masih menggunakannya sebagai salah satu acuan untuk menentukan peringkat suatu situs. Namun begitu tentu link building yang bagaimana yang dapat membantu. 

Cara Melakukan Link Building dengan Aman untuk Google


Oleh sebabnya, sebelum melakukan banyak kesalahan, ada baiknya Anda ketahui dahulu poin-poin dari cara melakukan link building dengan aman untuk Google berikut ini.

  • Membuat penelitian sendiri

Jika Anda ingin mendapatkan backlink yang benar-benar natural, maka buatlah sebuah laporan data, penelitian atau bisa juga sebuah studi kasus. Orang yang membutuhkan penelitian tersebut bisa saja mengutip konten Anda dan memberikan link yang sangat segar ke situs Anda tersebut dan ini tentu merupakan backlink yang sangat natural. Hal semacam ini bisa Anda lihat dari Wikipedia. Mereka memberikan backlink kepada sumber-sumber informasi yang memang terpercaya, diluar apakah link tersebut do atau nofollow.

  • Gambar

Teknik link building lainnya yang tidak kalah dicintai oleh Google adalah melalui penggunaan gambar. Anda bisa membagikan gambar buatan sendiri dengan hak cipta gratis. Siapa saja yang menggunakan gambar tersebut Anda himbau untuk mencantumkan link hidup ke situs milik Anda. Dengan cara ini link building akan benar-benar kokoh dan alami.

  • Optimalisasi kolom biodata


Biasanya ini digunakan pada situs milik sendiri maupun guest post dan sejenisnya. Anda bisa membangun internal link building yang baik dengan mencantumkan link di biodata. Biasanya kolom ini ada pada bagian bawah konten. Anda juga bisa memasukkannya manakala Anda mencari backlink dengan cara menjadi guest post. Di sini backlink guest post bisa Anda dapatkan pada situs-situs raksasa, semisal HuffPost.

  • Optimalisasi link konten

Anda juga harus mengaitkan satu konten dengan konten lainnya yang relevan. Ini adalah teknik yang sangat penting dalam link building, karena robot Google akan lebih percaya pada situs yang mengulas banyak hal dalam satu topik permasalah. Oleh sebab itu, Anda bisa menyisipkan link ke konten lain pada konten terbaru. Lakukan cara ini secara konsisten, namun jangan berlebihan. Setidaknya beri 2 atau 3 link internal dalam satu konten.

  • Membangun dan terlibat komunitas


Anda bisa membuat komunitas sendiri, yang mana situs Anda tersebut menjadi rujukannya. Nanti anggota dalam komunitas tersebut cepat atau lambat akan memberikan link rekomendasi keapda situs Anda dan ini merupakan teknik link building yang disukai oleh Google. Jika Anda tidak bisa membangun komunitas, maka ikutlah komunitas yang ada, baik secara offline maupun digital, semisal di grup, forum dan media sosial.

Anda juga bisa membuat kegiatan tersendiri, semisal acara lomba dan sejenisnya, yang mana menarik banyak orang untuk merekomendasikan situs Anda secara natural. Anda juga bisa menjadi donatur atau hal-hal kecil, semisal membuat baju dengan logo situs Anda di dalamnya. Memang terlihat sangat sederhana teknik marketing seperti ini, namun kekuatannya tidak boleh diremehkan.

  • Membangun crowdsource


Link building yang sukai oleh Google juga bisa Anda bangun melalui sistem crowdsourcing. Ini adalah teknik marketing yang banyak digunakan oleh perusahaan besar. Anda mengajak orang untuk berpartisipasi membangun situs Anda sendiri. Misalnya Anda buat guest post untuk situs sendiri, memberikan layanan untuk request konten dan lain sebagainya. Anda juga bisa memberikan suatu produk gratis, semisal ebook, video tutorial ataupun podcast gratis dan meminta testimonial dari pengunjung. 

Jika Anda beruntung Mereka akan mereview produk Anda di situs mereka dengan menyertakan link yang akan sangat disukai oleh Google.

Untuk layanan jasa backlink,
Hubungi 0813 1323 6555
atau Pin BBM : backlink
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar