Rabu, 27 April 2016

7 Tips SEO bagi Pemula

SEO merupakan ujung tombak dari proses membangun blog yang berkiblat pada menjaring visitor melalui mesin pencari. Sehingga Anda yang saat ini baru saya membuat suatu blog dan ingin blog tersebut ramai dikunjungi oleh visitor dari mesin pencari, maka SEO adalah ilmu yang harus dipelajari. 

Tips SEO bagi Pemula

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini, Anda akan diajak untuk mengatahui beberapa tips SEO bagi pemula dan bagaimana rancangan terbaik dalam menghadapi algoritma yang rutin berubah.

  • 1. Judul dan deskripsi

Judul amat penting agar konten pada blog Anda bisa sesuai dengan pencarian. Oleh sebab itu, pastikan judul konten dibuat sebaik mungkin, dengan cara memasukkan keyword atau kata kunci bidikan di dalamnya.

Untuk blog baru, ada baiknya masukkan juga long tail keyword. Misalnya Anda membidik kata kunci “Cara Membuat Blog”. Anda bisa menambahkan kata kunci lainnya yang bisa menjaring lebih banyak pengunjung. Misalnya dengan membuat judul “Cara Membuat Blog dengan Mudah dan Cepat”. Selain itu, judul seperti ini juga merangsang orang untuk masuk ke blog Anda daripada blog lainnya.

Sedangkan untuk deskripsi ada beberapa poin yang harus diperhatikan:

  • Gunakan deskripsi yang unik pada setiap posting, halaman maupun produk pada blog Anda.
  • Panjang deskripsi sekitar 150-160 karakter saja.
  • Hindari pengulangan kata kunci pada deskripsi.
  • Buat deskripsi dengan bahasa yang nyaman dibaca.


  • 2. Struktur link

Struktur link amat penting, karena ini merupakan salah satu poin yang disorot oleh mesin pencari. Lalu bagaimana membuat struktur link yang baik?

A. Contoh struktur link buruk:
Contoh.com/12345/6789.html
Contoh.com/caramembuatwebsite
Contoh.com/id=1&sort=C=110

B. Contoh struktur link baik:
Contoh.com/cara-membuat-website
Contoh.com/2015/09/cara-membuat-website

  • 3. Link dalam

Link dalam atau internal link merupakan salah satu kekuatan yang akan memberi blog Anda power di mesin pencari. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan manakala membangun link dalam atau internal link building.

A. Pasang link ke artikel terkait pada konten Anda menggunakan anchor text atau judul konten tersebut.
B. Pastikan link tersebut mudah terlihat, baik itu oleh manusia maupun oleh robot mesin pencari.
C. Jangan membangun link hanya untuk mesin pencari. Pastikan link yang Anda masukkan relevan dan dibutuhkan oleh pengunjung.
D. Jangan gunakan anchor text “klik di sini” atau yang sejenisnya.
E. Jangan memasang link dalam terlalu berlebih. 4 sampai 5 link sudah lebih dari cukup.

  • 4. Konten berkualitas

Konten tetaplah menjadi raja bagi blog Anda. Untuk itu, buatlah konten yang berkualitas, mudah dibaca, baik oleh mesin pencari maupun pengunjung. Konten yang dibuat juga haruslah bermanfaat, tidak bertele-tele, namun juga tidak picisan.

Tidak ada jumlah kata terbaik untuk membuat konten. Namun sebagian besar ahli SEO menyarankan untuk membuatnya lebih dari 500 kata. Gunakan pula komponen lainnya untuk menunjang artikel, seperti gambar, audio, dan video.

  • 5. Membangun backlink

Bagi pemula, tentu backlink adalah momok yang menakutkan. Namun sebenarnya anggapan tersebut tidaklah benar. Anda sebagai pemula bisa membangun backlink secara perlahan. Karena kunci dari membangun backlink bukanlah kuantitas, namun kualitas dan konsistensi. Cari backlink dari situs-situs yang memiliki DA dan PA yang tinggi, bukan situs spammer atau melanggar hukum.

  • 6. Desain blog

Anda bisa membuat tampilan blog sendiri atau membeli themes dari situs terpercaya. Pastikan bahwa desain dari blog Anda tersebut nyaman dilihat, ringan, dan memiliki struktur H1, H2, H3, dan seterusnya yang cocok dengan kaidah SEO on page.

  • 7. Gunakan webmaster tools


Masalah SEO yang tersulit setelah merancang semua poin-poin di atas adalah memastikan semuanya berjalan dengan baik terus-menerus. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan suatu alat untuk memonitor semua aktivitas yang berhubungan dengan blog Anda. Diantaranya adalah dengan menggunakan Webmaster Tools dan Google Analytics. Daftarkan blog Anda ke sana, sehingga backlink, jumlah visitor, dan komponen lainnya bisa dilacak dan diketahui dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar